Category Archives: Sejarah Sepak Bola

Pelatih Tersukses Sepanjang masa Liverpool

Pelatih Tersukses Sepanjang masa Liverpool

Liverpool adalah salah satu klub sepak bola tersukses dunia, dan itu sudah diakui berkat prestasi yang telah mereka koleksi sejak dulu.

Nama Liverpool Football Club tentu sudah tidak asing lagi bagi para pencinta sepak bola karena tidak bisa tersangkal lagi mereka adalah salah satu klub sepak bola tersukses sepanjang sejarah sepak bola, bahkan bisa dikatakan sebagai klub tersukses di Inggris meski sudah lama tidak meraih titel juara mentereng. Kebanyakan koleksi gelar yang telah diraih oleh Liverpool berasal dari masa lalu, dan ada dua tokoh yang paling melegenda dalam sejarah kesuksesan klub.

Kedua tokoh tersebut adalah Pelatih yang dianggap sebagai pelatih tersukses sepanjang masa klub ini, siapa saja mereka? simak ulasan dari kami berikut ini.

1. Bob Paisley

Dialah tokoh yang berada di urutan pertama sebagai pelatih tersukses sepanjang masa Liverpool FC, bahkan saking melegenda nya nama Bob Paisley, pihak liverpool memutuskan untuk membangun patung sang legenda di salah satu bagian dari Stadion kebanggaan mereka yang tidak lain adalah Anfield Stadium.

Hal tersebut bukan semata karena ia adalah seorang pelatih yang melegenda, tetapi juga benar-benar legenda klub yang menhabiskan seluruh karirnya sebagai pemain dan pelatih di satu klub saja yakni Liverpool FC.

Bob Paisley menjadi taktikal Liverpool selama 9 tahun, dan selama itu pula ia berhasil mempersembahkan 20 gelar mentereng, antara lain 6 titel Liga Inggris, 3 titel Piala Liga, 6 titel piala FA Charity Shield, 3 Titel Juara Liga Champions Eropa, 1 Piala Eropa dan satu piala Super Eropa.

2. Bill Shankly

Sebelum kehadiran bob Paisley, Liverpool lebih dulu dibawa kearah kesuksesan oleh Bill Shankly, selama 15 tahun pelatih legenda asal Skotlandia ini menangani The Reds, dan selama itu ia berhasil mempersembahkan 10 gelar juara mentereng, antara lain 3 gelar Liga Inggris, 2 gelar piala FA Cup, 4 Piala FA Charity Shield, dan satu gelar juara piala Eropa. 10 gelar tersebut menjadikan Bill Shankly menjadi pelatih tersukses kedua dalam sejarah klub

Top Skorer Sepanjang masa CONCACAF Champions League

Top Skorer Sepanjang masa CONCACAF Champions League

LIga Champions CONCACAF mungkin tidak seseru Liga Champions Eropa karena sudah pasti yang bermain di kompetisi itu adalah klub-klub sepak bola yang berada di zona CONCACAF. Namun terlepas dari ketidak populeran nya, kita tentu patut mengetahui potensi para pemain yang ada di liga tersebut, karena banyak pemain potensial yang berhasil mengukir catatan menarik dalam liga champions CONCACAF, seperti keempat top skorer sepanjang masa Liga Champions CONCACAF ini misalnya, siapa saja mereka? Berikut ulasan lengkap dari kami.

1. Javier Orozco

Dialah pemain yang menjadi top Skorer sepanjang masa di ajang Liga Champions CONCACAF dengan catatan 23 gol nya bersama dengan Cruz Azul sejak tahun 2008 silam sampai sekarang. Ya, CONCACAF Champions memang baru digelar sejak tahun 2008 silam, dan sampai saat ini Javier Orozco masih menjadi top skorer sepanjang sejarah. Orozco sendiri adalah striker 26 tahun asal meksiko.

2. Carlos Quintero

Bersama dengan Santos Laguna yang juga turut serta di ajang Liga Champions CONCACAF sejak tahun 2008 silam ‘Carlos Quintero’ berhasil menorehkan 17 gol nya sejauh ini ajang tersebut. Carlos Quintero adalah seorang winger 26 tahun asal Kolombia. Tubuhnya terbilang mungil, namun hasrat dalam mencetak gol dan juga kecepatan nya sangat baik.

3. Humberto Suazo

Pemain yang bisa berposisi sebagai striker dan juga Second Striker asal Chili ini berhasil menjadi top skorer ketiga sepanjang masa Liga Champion CONCACAF, berada dibawah Carlos Quintero dengan catatan gol sebanyak 16 buah. Ia kini sedang berkarir di Nuevo León bersama dengan Monterrey, usianya telah mencapai 32 tahun.

4. Aldo de Nigris

masih dari klub Monterrey FC yang menjadi top skorer sepanjang masa CONCACAF Champions League, namun striker berusia 30 tahun bernama Aldo de Nigris ini menduduki peringkat keempat dengan koleksi 14 gol nya di ajang tersebut.

Mengenal Kompetisi FA Cup

Mengenal Kompetisi FA Cup

FA Cup Adalah salah satu kompetisi sepak bola bergengsi di Inggris, namun demikian posisi atau kepopuleran kompetisi ini berada selevel dibawah Liga Primer Inggris.

Seperti biasa, setiap negara biasanya memiliki tiga hingga empat kompetisi di tiap tahun atau musimnya, seperti di Inggris misalnya, di negeri Ratu Elizabeth itu ada tiga kompetisi antara lain adalah Liga Primer Inggris, kemudian ada FA Cup dan Capital One Cup. Nah, yang akan kami bahas disini adalah FA Cup, kompetisi yang diselenggarakan langsung oleh Federasi sepak bola Inggris dan kita kenal sebagai FA.

Berbicara soal Format kompetisi piala FA atau FA Cup ini, kejuaraan sepak bola di Inggris ini tidak hanya diikuti oleh Klub-klub sepak bola yang menjadi kontestan di Liga Primer Inggris saja, akan tetapi semua klub sepak bola professional termasuk juga yang berlaga di Divisi II. Tidak ada undian, semua pertamuan dalam laga ini ditentukan secara acak, dan hasil imbang bakal menentukan siapa tuan rumah di laga berikutnya.

Kompetisi FA Cup ini sendiri telah mulai diadakan sejak 1871 silam yang mana kala itu Liga Primer Inggris jelas belum ada, dan saat itu hanya ada 17 peserta saja di dalam kompetisi ini. Wanderers adalah klub sepak bola pertama yang berhasil meraih gelar juara FA Cup yang diadakan pada musim 1871/72, mereka sukses mengalahkan kennington Oval dengan skor tipis 1-0, yang mana pencetak gol tunggal dalam laga tersebut adalah Morton Betts.

Terakhir kali atau di musim lalu, adalah Wigan Athletic yang berhasil meraih gelar juara dengan mengalahkan Manchester City di Partai Final. Sedangkan Manchester United masih menyandang status sebagai juara terbanyak dengan koleksi 11 gelar.

4 Penjualan termahal Chelsea FC

4 Penjualan termahal Chelsea FC

Chelsea FC, sama hal nya dengan Manchester City, klub ini juga terbilang sebagai klub pembeli yang lebih cenderung mendatangkan pemain bintang ketimbang menghasilkan, sebut saja Fernando torres, kemudian Didier Drogba, Ivanovic, nemanja Matic dan masih banyak lagi. Tapi, Faktanya mereka juga tak jarang menjual pemain-pemain bintang ke klub lain yang harga nya juga terbilang mahal.

Anda mungkin penggemar berat Chelsea, dan simak daftar penjualan klub kesayangan anda itu dibawah ini.

1. Juan Mata

Siapa yang tak kenal dengan Playmaker asal Spanyol ini, ia didatangkan dari Valencia di tahun 2011 dengan nilai transfer 23,5 Juta Poundsterling. Di Debutnya, Juan Mata telah berhasil mempersembahkan gelar juara UCL kepada The Blues, menjadi pemain terbaik klub selama dua musim beruntun, namun sayang di pertengahan musim ini ia pergi meninggalkan Stamford Bridge menuju klub Rival manchester United dengan nilai transfer 37.1 Juta Poundsterling menjadikan nya sebagai pemain termahal yang pernah dijual dalam sejarah Chelsea.

2. Arjen Robben

Sedangkan di nomor kedua ada nama Arjen Robben, Winger asal Belanda ini meninggalkan Chelsea di tahun 2007 silam, ia bergabung dengan Real Madrid dengan nilai transfer mencapai 24 Juta Poundsterling, harga tersebut menjadikan robben sebagai pemain termahal kedua yang pernah dijual Chelsea.

3. Kevin De Bruyne

Di urutan ketiga ada Kevin De Bruyne, Pemain asal Belgia ini padahal merupakan salah satu wonderkid yang dimiliki oleh Chelsea, sayangnya pihak The Blues memutuskan untuk menjual gelandang muda nya itu ke Wolfsburg dengan nilai transfer 16,7 Juta Poundsterling menjadikan nya sebagai pemain ketiga termahal yang pernah dijual oleh The Blues.

4. Yuri Zhirkov

Yang terakhir adalah Yuri Zhirkov, pemain asal Russia ini dipulangkan oleh Chelsea ke tanah kelahiran nya itu untuk merumpun bersama dengan Anzhi Makhachkala, klub kaya rusia tersebut menebus Yuri dengan nilai transfer 13.2 Juta poundsterling.

Catatan Prestasi Arsenal FC

Catatan Prestasi Arsenal FC

Sejak dulu sampai sekarang, Arsenal memang menjadi salah satu klub liga primer Inggris terbaik, tentu dengan beberapa catatan prestasi yang mereka torehkan.

Di La Liga Spanyol ada The Big Three, mereka adalah Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid, sedangkan di Liga Inggris ada The Big Five, antara lain Manchester United, Chelsea, Manchester City, Liverpool dan Arsenal, nama terakhir yang kami sebutkan diantar The Big 5 itu adalah klub Liga Inggris yang telah membangun masa kejayaan mereka sejak dulu. Meski tak seperti Manchester United, catatan prestasi Arsenal FC, patut untuk disimak.

Catatan Prestasi di Level Domestik

– Liga Inggris : Sejauh ini Arsenal telah berhasil meraih 13 gelar juara Liga Inggris, sejak masih bernama Football League First Division hingga bernama Premier League. Arsenal berhasil meraih gelar juara Liga inggris pertamanya di musim 1930–31, dan yang terakhir pada musim 2003/04 silam, yang mana kala itu arsenal berhasil melewati satu musim penuh tanpa terkalahkan.

– Piala FA : Tahun 2005 silam adalah terakhir kali nya arsenal meraih gelar juara Piala FA atau FA Cup, dan menjadi gelar ke 10 dalam sejarah klub mereka.

– Piala Liga : Dua gelar juara piala liga sejauh ini yang didapatkan pada tahun 1987 dan 1993.

– FA Charity Shield L Sedangkan untuk kategori ini, Arsenal telah mengumpulkan 12 gelar juara yang terakhir di tahun 2004 silam.

Catatan Prestasi di Level Internasional

– Piala Winners Eropa : sayangnya, Arsenal terbilang sebagai salah satu raksasa Liga Inggris yang belum pernah mencicipi gelar juara UCL, di ajang internasional mereka hanya berhasil meraih dua gelar saja, salah satunya adalah gelar juara Piala Winners di tahun 1994

– Inter Cities Fairs-Cup : Kompetisi yang sudah tidak digelar sekarang ini pernah di juarai oleh arsenal pada masa lampau, yaitu di musim 1969–70 silam.

Perjalanan Karir Pelatih Sepak Bola Jose Mourinho

Perjalanan Karir Jose Mourinho

Seorang pelatih asal Portugal yang memberikan julukan The Special One kepada dirinya sendiri, dialah si hebat Jose Mourinho.

Di Dunia ini banyak sekali ada pelatih-pelatih sepak bola terbaik yang sanggup membawa tim yang diasuhnya meraih berbagai macam gelar bahkan dalam kurun waktu semusim saja, nah hal tersebut juga yang telah berhasil dilakukan oleh Jose Mourinho. Ya, Pelatih asal Portugal ini sanggup memberikan trebble winner kepada dua klub berbeda, namun kali ini kami tidak akan membahas soal prestasi nya melainkan perjalanan karir seorang Jose Mourinho sebagai pelatih.

Mourinho terbilang sebagai salah satu pelatih yang tidak mahir menjadi pemain sepak bola, tidak seperti kebanyakan pelatih lainnya yang sukses menjalani karirnya di masa muda sebagai pemain bola, Mourinho hanya menjalani nya di klub-klub amatir selama beberapa tahun saja.

Gagal sebagai pemain sepak bola, Mourinho langsung mengambil jalur dunia kepelatihan dan pertama kali menjadi menjalani karirnya sebagai asisten Sporting CP di tahun 1992, kemudian berlanjut ke FC Porto di tahun berikutnya namun masih tetap sebagai asisten pelatih. tiga tahun kemudian, Mourinho kemudian berpindah ke FC Barcelona, menjadi asisten pelatih di klub raksasa La Liga tersebut.

Setelah itu barulah Mourinho menapaki karir sebagai pelatih dimulai dari Benfica, União de Leiria, kemudian FC Porto, Chelsea, FC Iternazionale, Real Madrid hingga sekarang kembali lagi melatih Chelsea.

Diantara klub-klub yang pernah dilatih nya, FC Porto, Chelsea dan FC Internazionale yang terbilang paling sukses. Ia berhasil mempersembahkan trebble winner untuk porto dan Inter milan, sedangkan untuk Chelsea, Mourinho telah berhasil mempersembahkan gelar Dua gelar juara Liga Primer Inggris, satu gelar juara Piala FA, FA Community Shield, dan satu piala Liga.

Catatan Prestasi FC Barcelona

Catatan Prestasi FC Barcelona

Sebagai salah satu klub terbaik Dunia, tentu barcelona telah mencatatkan sejumlah prestasi mentereng dari berbagai ajang.

La Liga Spanyol adalah salah satu liga sepak bola terpopuler di dunia, hal tersebut tentu disebabkan adanya klub-klub sepak bola terbaik yang menjadi peserta di dalamnya, termasuk Barcelona misalnya. Ya, Barcelona adalah salah satu Klub terbaik Dunia asal Catalan yang telah berhasil mencatatkan berbagai macam gelar baik itu gelar domestik maupun Internasional. Seberepa banyak? Mari kira simak saja Catatan Prestasi FC Barcelona dibawah ini.

1. Juara La Liga Spanyol

Barcelona adalah salah satu penguasa di La Liga Spanyol, mereka bahkan tercatat sebagai salah satu klub dengan gelar juara La Decima (Juara La Liga) terbanyak sepanjang sejarah, sebanyak 22 gelar telah berhasil diraih Blaugrana, antara lain didapatkan pada musim : 1928–1929, 1944–45, 1947–48, 1948–49, 1951–52, 1952–53, 1958–59, 1959–60, 1973–74, 1984–85, 1990–91, 1991–92, 1992–93, 1993–94, 1997–98, 1998–99, 2004–05, 2005–06, 2008–09, 2009–10, 2010–11, dan 2012–13.

2. Juara Copa Del Rey

Raihan gelar juara terbanyak Barcelona adalah gelar juara Copa Del Rey, yaitu sebanyak 26 gelar juara, yang pertama mereka raih pada musim 1909/10 silam, sedangkan yang terakhir kali di raih pada musim 2011/2012 kemarin.

3. Super Copa Espana (Piala Super Spanyol)

Sedangkan untuk Gelar juara Piala Super Spanyol antara Juara la Liga kontra juara Copa del rey, berhasil dikoleksi sebanyak 11 gelar juara oleh raksasa Catalan ini.

4. Juara Liga Champions Eropa

barca tidak hanya mentereng di ajang domestik saja, akan tetapi juga ajang Internasional karena sejauh ini mereka telah berhasil mencatatkan 4 gelar juara Liga Champions Eropa.

5. Juara Super eropa dan Piala Dunia antar klub

Untuk kedua gelar tersebut, masing-masing barcelona telah mencatatkan 4 gelar juara Piala Super Eropa, sedangkan untuk piala dunia antar klub sebanyak 2 kali antara lain tahun 2009 dan 2011.